UBAH SISTEM BAHAH BAKAR YAMAHA JADI INJEKSI

UBAH SISTEM BAHAH BAKAR YAMAHA JADI INJEKSI

UBAH SISTEM BAHAH BAKAR YAMAHA JADI INJEKSI
UBAH SISTEM BAHAH BAKAR YAMAHA JADI INJEKSI

Apakah sudah pada tahu ???
Sistem injeksi bahan bakar lebih hemat dan ramah lingkungan. Juga terbukti lebih bertenaga. “Jika setingan injeksinya tepat, yakin lebih bertenaga. Lha, wong Moto GP aja pakai injeksi, bro! he-hehe,”

Makanya Pak Toga Tantiarso, owner sekaligus mekanik dari Gas Motor. Bela belain mengubah sistem bahan bakar Yamaha Nouvo 2004 jadi injeksi. Malah diikutsertakan pada balap fun race sebagai pembuktian di kelas One Make Race Yamaha Nouvo.

Langsung aja deh, dilirik nih hasil ubahannya

THROTTLE BODY.
Sebagai part pengganti karburator, Throttle Body (TB) andalkan kepunyaan BRT yang memiliki diameter venturi 33 mm. Ini supaya mengail lebih banyak lagi udara yang masuk ke ruang bakar, agar pengkabutan optimal untuk melayani kapasitas mesin yang telah membengkak menjadi 155 cc.

DOUBLE INJEKTOR. Sedangkan injektornya, Toga mengaplikasi double injektor. Posisinya, satu di intake sedangkan satu lagi berada di velocity Stack (VS).
Untuk yang di intake. menggunakan injektor standar Yamaha V-Ixion yang punya 6 hole. Sedangkan yang di VS menggunakan injektor BRT yang punya 10 hole. Jika di karburator, sistem kerjanya mirip
power jet.

TANGKI BENSIN. Pada sistem injeksi, tangki bensin dilengkapi pompa bensin tekanan tinggi, supaya semburan injektor dapat menyerupai kabut.
Dampaknya, campuran antara bahan bakar dan udara lebih merata sehingga mudah terbakar.”Nah, untuk tangkinya dibolongi dan dimodali sedikit untuk membuat dudukan pompa bensin. Fuel pumpnya sendiri pakai punya Yamaha Mio beber Toga.

ECU. Otak dad mesin injeksi ini, mengandalkan ECU BRT Juken 3 Turbo khusus untuk Mio J. “Karena ECU ini bisa mengaktifkan dan mengatur kerja injektor tambahan dengan sesuka hati. Jadi, in-jektor tidak menyemprot berbarengan.
Injektor kedua akan aktif menyembur apabila putaran mesin telah melewati 7.000 rpm dan posisi bukaan throttle (TPS) sebanyak 50%,”

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *