Penyakit Amnesia Digital

Apakah Anda Terkena Amnesia Digital?

Untuk mengetahui Penyakit Amnesia Digital 

Cara Coba sebutkan 10 nomor telepon teman atau keluarga Anda. Bisakah Anda melakukannya? Jika tak sanggup,
berarti Anda termasuk dari salah satu orang yang terkena amnesia digital.
KASPERSKY Lab menerbitkan sebuah laporan terbaru mengenai amnesia digital. Laporan ini menunjukkan hasil penelitian yang menganalisis bagaimana perangkat digital dan internet bisa memengaruhi cara orang mengingat. Seorang ahli dari Kaspersky Lab Kate Kochetkova menuturkan, ketika terbiasa menyimpan informasi di memori eksternal (seperti dalam telepon),artinya kita sama saja mendorong pikiran sendiri untuk menghapus informasi tersebut. Ya, sebelum ada ponsel, kita terbiasa “menyimpan” nomor telepon sahabat, kekasih, dan orangtua dalam memori di otak. Kini, kita terbiasa menyimpan berbagai informasi, mulai dari nomor telepon, alamat rumah, bahkan hingga kode PIN ATM di memori ponsel.
Batas kapasitas Para ilmuwan mengatakan otak
kita memiliki batas kapasitas dalam hal menulis ulang data yang tak relevan dengan fakta-fakta dan kenangan. Tak heran jika selama penelitian, tebih dari setengah orang dewasa di Eropa tak bisa mengingat nomor telepon kantor. Mereka juga tak bisa mengingat nomor telepon anak-anak tanpa melihat ke ponsel. Bahkan, sekitar sepertiga responden tak bisa mengingat nomor pasangan mereka. Hasil penelitian juga menunjukkan 91 orang dewasa asal Amerika mengakui ketergantungan mereka pada internet dan perangkat digital. Perangkat ini digunakan sebagai alat untuk mengingat sekaligus perpanjangan otak mereka. Hal serupa ternyata terjadi pada orang dewasa asal Eropa. Sekitar 79,5 persen orang dewasa asal Eropa yang disurvei mengakui menggunakan internet sebagai buku referensi universal. Sebagian besar responden asal
Amerika beranggapan semua informasi yang sebelumnya harus dihafal, sekarang bisa disimpan hanya dengan beberapa klik. Sementara itu, 61 persen responden Eropa mengatakan mereka membutuhkan jawaban dengan cepat dan tak punya cukup waktu untuk mencarinya di perpustakaan atau buku.
Lindungi ponsel Bagi banyak orang, ponsel sudah menjelma sebagai sahabat. Di mana saja dan kapan saja, kita akan selalu membawa ponsel. Bahkan banyak yang menganggap, lebih baik tertinggal dompet, dibandingkan ponsel. Pertanyaannya, apakah ponsel Anda sudah terlindungi dengan balk? Penelitian dari Kaspersky Lab menemukan fakta, walaupun tersedia beberapa antivirus, orang Amerika tergolong tak mampu melindungi perangkat penting mereka. Bahkan,
sebanyak 28 persen responden mengaku sama sekali tak melindungi perangkat mereka. Sementara itu, hanya 1 dari 3 responden yang menginstal keamanan tambahan di ponsel mereka (30,5 persen) dan hanya 1 dari 5 yang melakukannya pada komputer tablet mereka (20,5 persen). Menurut para peneliti, akibat pertumbuhan teknologi, amnesia digital menjadi penyakityangtak bisa dielakkan. Agar informasi dalam perangkat tetap aman, ada baiknya Anda memberikan perlindungan antivirus yang tepat. Selain itu, coba mulai sekarang untuk tak terlalu bergantung pada perangkat digital untuk semua informasi. Misalnya, ketika ditanya berapa nomor telepon orangtua? Singkirkan perangkat digital dan paksa ingatan untuk bekerja lebih keras.

Selamat mengingat-ingat! [IND]

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *